Kegiatan pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik. Kegiatan pengembangan diri di Madrasah Aliyah diwujudkan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler dengan waktu ekuivalen dengan dua jam pembelajaran (2 x 45 menit), difasilitasi oleh pembimbing ekstrakurikuler dan konselor. Bentuk kegiatan pengembangan diri adalah sebagai berikut :
- Pramuka
Tujuan:
· Melatih peserta didik untuk mampu mandiri dalam menghadapi kesusahan dalam bentuk apapun..........
· Mengembangkan jiwa social dan peduli terhadap orang lain.
· Membiasakan hidup bergotong royong dan mengutamakan kepentingan umum.
· Membentuk jiwa cinta tanah air dan berbakti kepada nusa dan bangsa pada khususnya dan dia pada umumnya..........
Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang kemanusiaan dan pengabdian dapat memberikan bantuan pada sesama | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi kepanduan 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi kepanduan 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola bertahan hidup dan mampu di tempatkan dalam situasi apapun | 2.1. memahami konsep bertahan dalam situasi apapun seperti halnya simbol kelapa yang berarti dapat hidup dimanapun dan dalam situasi apapun |
3. memahami penempatan diri dan mengutamakan kecerdasan moral dan akhlak dalam bergaul. | 3.1. Memahami pergaulan remaja dan penyimpangan yang terjadi pada masyarakat/ remaja, serta melakukan upaya penanggulangannya 3.2. Memahami hubungan dan kedudukan organisasi kemanusiaan |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang kepanduan | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi kepanduan. |
- English Conversation Club
Tujuan
- Melatih peserta didik untuk dapat berkomunikasi dalam taraf andvance dalam bahasa inggris
- Melatih peserta didik untuk memahami ungkapan dan budaya dalam bahasa inggris.
- Melatih peserta didik untuk selalu berani dalam mengutarakan pendapat “Speak Up”
- Melatih peserta didik dalam bergaul dalam hal positif
- Membentuk peserta didik menjadi generasi yang tangguh, cerdas, komunikatif, dan beraklakul kharimah
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang ilmu pengetahuan, bahasa dan budaya | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi. 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi. 1.3. Memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. 1.4 Memahami konsep dan tujuan organisasi yang bersifat budaya |
2. Memahami pola berdialog dan pengucapan dalam bahasa inggris | 2.1. Memahami dialog dalam kehidupan sehari – hari 2.2. Memahami pola pengucapan dalam bahasa inggris. |
3. Memahami pola budaya orang inggris | 3.1. Memahami budaya dan kultur seperti halnya orang inggris 3.2. Memahami kebiasan sehari dan juga pengucapan orang inggris ataupun amerika |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang budaya | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi yang berhubungan dengan peningkatan budaya, bahasa dan ilmu pengetahuan. |
- Jurnalisme
tujuan:
· Melatih peserta didik untuk mengerti seluk beluk jurnalisme.
· Melatih peserta didik untuk berani menulis
· Melatih peserta didik untuk berani mengutarakan pendapat
· Melatih peserta didik untuk berani memberikan kritikan dan solusi segala peristiwa yang ada di sekitar mereka.
· Melatih peserta didik untuk sensitive dengan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang jurnalisme | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi yang berhubungan dengan jurnalisme. 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi 1.3. memahami sifat gotong royong dan dan mengahragai pendapat orang lain dalam musayawarah dan dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola penulisan sebuah berita dan pengeditan naskah berita | 2.1. Memahami penulisan sebuah beriata dari hasil pengamatan ataupun dari artikel yang sudah ada 2.2 Memahami penyaduran berita dari seumber berita yang sudah ada. 2.3 Memahami proses pengditan naskah berita yang akan dimuat dalam surat kabar ataupun alat berita lainya. |
3. memahami pola peliputan dan pencarian berita dari tempat kejadian. | 3.1. Memahami arti unsur penting dalam pencarian berita yaitu, what, when, where, who, which dan how. 3.2. Memahami mekanisme pengambilan ataupun peliputan berita berikut dengan perijinan. |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang jurnalisme | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi dalam bidang jurnalisme. 4.5 memahami arti sebuah profesi dan juga profesiolisme tugas. |
- Internet Computer Course
· Melatih peserta didik cara pengeperasionalan komputer.
· Melatih peserta didik agar mengerti dan dapat menggunakan internet
· Melatih peserta didik untuk lebih paham dalam penggunaan sub sistem yang ada dalam komputer.
· Melatih peserta didik untuk memahami trouble shouting dalam pemakaian internet
· Melatih peserta didik untuk lebih berani dan tanggap dalam perkembangan teknologi
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang budaya dan juga bahasa | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi dalam bidang budaya dan juga bahasa. 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola pemakaian komputer yang berhubungan fungsi kerja kantor. | 2.1. memahami isi dan fungsi komputer secara umum 2.2 memahami software yang berhubungan dengan pola kerja kantor seperti microsoft office ataupun pemakaian open office dalam praktek kerja. 2.3 memahami pola pengetikan naskah dalam bentuk word, excel, power point dan fungsi masing – masing. 2.4 memahami pola pengeditan dan pengambilan hasil akhir dari masing – masing output. |
3. memahami internet dan fungsi kerja dari turunanya . | 3.1. Memahami cara browsing yang benar. 3.2 Memahami cara pembeuatan email dan juga cara pengirman data melalaui tersebut. 3.3 Memahami berkomunikasi secara audio maupun visual melalui software tersebut. 3.4. Memahami arti downloding dalam pencarian file yang tersedia dalam internet. 3.5 Memahami manajemen file dan virus. |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi yang bermanfaat untuk menunjang karir maupun pekerjaanya kelak. . |
- Baca Kitab Kuning
· Melatih para peserta didik untuk dapat membaca tulisan arab gundul
· Melatih para peserta didik untuk dapat memahami arti yang terkandung dalam kitab
· Melatih para peserta didik untuk dapat mengerti tafsir yang terkandung dalam setiap arti dalam kitab
· Melatih para peserta didik untuk dapat mengambil hikmah yang terkadung dalam setiap kitab yang dibahas
· Melatih para peserta didik untuk dapat mengaplikasikan semua yang terkandung dalam kitab tersebut.
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang keagamaan dan pengabdian dapat memberikan bantuan pada sesama | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi yang bersifat keagamaan 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi kepanduan 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. 1.4 memahami arti penting menghargai pendapat orang lain |
2. Memahami arti maupun tafsir yang terkandung dalam kitab | 2.1. memahami arti yang tersirat maupun tersurat dalm bacaan kitab. 2.2 memahami tafsir yang di bahas 2.3 memahami bacaan arab gundul. |
3. memahami hikmah yang terkandung dalam bacaan tersebut. | 3.1. Memahami hikmah yang terkandung dalam kitab dan juga pengaplikasian dalam kehidupan sehari – hari. |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang keagamaan. | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi dalam beidang keagamaan untuk pengabdian dalam masyarakat. |
- Futsal
· Melatih peserta didik untuk sehat secara jasmani dan rohani
· Melatih peserta didik tentang arti penting sebuah kerjasama tim
· Mengembangkan jiwa social dan peduli terhadap orang lain.
· Membiasakan hidup bergotong royong dan mengutamakan kepentingan umum.
· Melatih peserta didik untuk memahami arti sebuah kemenangan dan kekalahan
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang kesehatan dan olah raga. | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi keolahragaan 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi keolahragaan. 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola bermain futsal yang benar | 2.1. memahami konsep bertahan dan menyerang dalam hal permainan futsal 2.3 mamahami konsep latihan yang benar 2.4 memahami konsep bermain secara fair. |
3. memahami arti penting tentang kesehatan. | 3.1. Memahami arti penting kesehatan tubuh 3.2. Memahami dan mengaplikasikan arti bersukur ketika sehat |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang keolahragaan. | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi keolahragaan. |
- Teater
· Melatih mental para peserta didik untuk selalu berani tampil didepan umum
· Melatih para peserta didik untuk memahami nilai sastra yang terkandung dalam setiap naskah drama
· Melatih para peserta didik untuk berani mengekplorasi bakat dan kemampuan
· Melatih para peserta didik untuk berani mengutarakan pendapat
· Melatih para peserta didik untuk dapat bekerjasama dalam tim
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang budaya dan juga seni teater. | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi budaya 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi budaya 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola dan cara bermain teater | 2.1. memahami cara penghidupan watak yang akan di perankan 2.2 memahami cara menampilkan watak orang lain dengan tubuh dan juga hati dari pelaku 2.3 menampilkan sebuah karya seni yang luarbiasa indah dan dapat di terima oranglain. |
3. memahami penempatan diri dan mengutamakan kecerdasan moral dan akhlak dalam bergaul. | 3.1. Memahami pergaulan remaja dan penyimpangan yang terjadi pada masyarakat/ remaja, serta melakukan upaya penanggulangannya 3.2. Memahami hubungan dan kedudukan organisasi kemanusiaan |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang seni dan budaya | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi seni dan budaya. |
- Seni Rebana
· Melatih para peserta didik untuk dapat menggunakan alat musik rebana
· Melatih para peserta didik untuk dapat mengahargai sebuah karya seni
· Melatih para peserta didik untuk dapat berani mengeksplorasi bakat dan kemampuan
· Melatih para peserta didik untuk dapat bekerjasama dalam tim
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang budaya dan seni | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi budaya 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi budaya 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola dan cara membuat memainkan alat musik rebana | 2.1. memahami cara penggunaan dan bunyi setiap alat musik rebana 2.2 memahami cara mengguanakan tempo dalam rebana 2.3 menampilkan dan mememndengarkan sebuah karya seni yang luarbiasa indah dan dapat di terima oranglain. |
3. memahami penempatan diri dan mengutamakan kecerdasan moral dan akhlak dalam bergaul. | 3.1. Memahami pergaulan remaja dan penyimpangan yang terjadi pada masyarakat/ remaja, serta melakukan upaya penanggulangannya 3.2. Memahami hubungan dan kedudukan organisasi seni dan budaya 3.3 mengambil pelajaran dari arti yang tersirat dalam tulisan sastra tersebut. |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang seni dan budaya | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi seni dan budaya. |
- Seni Kaligrafi
· Melatih para peserta didik untuk dapat mencipatakan sebuah karya seni tinggi yang bernafaskan islam
· Melatih para peserta didik untuk dapat berani berimajinasi dalam membuat sebuah karya seni tinggi
· Melatih para peserta didik untuk dapat menghargai sebuah karaya seni.
STANDAR KOMPETENSI: | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami pola beroganisasi di bidang budaya dan seni | 1.1. Memahami pola keorganisasian dan menerapkan managemen kegiatan dalam organisasi budaya 1.2. Memahami kedudukan dan peranan anggota dalam organisasi budaya 1.3. memahami sifat gotong royong dan musayawarah dalam bentuk apapun. |
2. Memahami pola dan cara membuat sebuah karya seni kaligrafi | 2.1. memahami cara penggunaan pensil dan kuas dalam penyeketan awal 2.2 memahami cara mengguanakan degradasi warna dan memainkanya. 2.3 menampilkan sebuah karya seni yang luarbiasa indah dan dapat di terima oranglain. |
3. memahami penempatan diri dan mengutamakan kecerdasan moral dan akhlak dalam bergaul. | 3.1. Memahami pergaulan remaja dan penyimpangan yang terjadi pada masyarakat/ remaja, serta melakukan upaya penanggulangannya 3.2. Memahami hubungan dan kedudukan organisasi seni dan budaya 3.3 mengambil pelajaran dari arti yang tersirat dalam tulisan sastra tersebut. |
4. Memahami upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan bidang seni dan budaya | 4.1. Melakukan upaya peningkatan prestasi organisasi seni dan budaya. |
Jadwal Ekstrakurikuler
Madrasah Aliyah Futuhiyyah – 1 Mranggen Kab. Demak
Tahun Pelajaran 2007/2008
No. | Ekskul | Hari | |||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | ||
1. 2. 3. 4. 6. 7. 8. 9. 10 | Pramuka English club Komputer Baca kitab Teater Jurnalisme Rebana Futsal Kaligrafi | X X X X X | X X X | X X X X X | X X X | X | X X |
Penilaian Kegiatan Pengembangan diri dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rentang sebagai berikut :
Kategori Nilai | Keterangan |
A | Sangat Baik |
B | Baik |
C | Cukup |
D | Kurang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar